Proses Produksi Sebuah Lagu (Secara Umum)

Tahukah anda bahwa setiap lagu/musik yang anda dengar baik itu ASLI atau BAJAKAN (ups) adalah hasil dari proses produksi Musik yang panjang dan ribet?. Disini saya akan menjelaskan tahapan - tahapan proses produksi tersebut.

1. Composing (Proses Komposisi)

Composing jika di andaikan pada sebuah bangunan adalah Pondasi, ya ! ini adalah proses awal dari produksi sebuah lagu (musik). disini hal - yang menyangkut mencari ide, menulis lagu, membuat melody Vokal, dll dilakukan. Pondasi Musik ini akan sangat berpengaruh pada hasil akhir nannti.

2. Arranging (Proses Aransemen)

Setelah Komposisi sebuah lagu telah di tentukan, maka sekarang saatnya Arranger beraksi (Arranger bisa saja sang composer atau mungkin 1 orang saja bisa melakukan produksi musik secara keseluruhan). Disini hal - hal yang mengenai Gendre musik, alat musik yang akan digunakan, intro musik seperti apa, verse, reff, Tempo seperti apa, Dll di kerjakan oleh sang Arranger untuk kemudian di Rekam.

3. Recording (Proses Perekaman)

Disini peran Home Recording Mulai Tampak (bagi yang merekam menggunakan Home Recording), hal yang menyangkut di proses ini adalah masalah teknis yakni : Routing alat rekaman, mengatur gain alat, setting alat, dan proses rekam itu sendiri. Kebanyakan Studio Profesional sudah menggunakan Digitalisasi untuk proses Recording, dan software (Daw) yang digunakan Kebanyakan menggunakan Steinberg Cubase/Nuendo ( Untuk itu di Website ini hanya akan membahas Recording dan Mixing Menggunakan Cubase/Nuendo).

4. Mixing (Pencampuran)

Mixing merupakan proses pencampuran dari tiap track suara baik instrument, Vokal , dll dari hasil recording (Perekaman). Disini dilakukan proses balancing , memberi effect pada hampir tiap track, equalisasi per track, automation per track, dan masih banyak lagi yang nannti akan di bahas di Tutorial khusus Mixing. Nah, Jika sudah sesuai keinginan maka semua track tadi di render ( Di jadikan 1 Track stereo untuk di Mastering).
Untuk lebih jelas soal mixing lihat di Proses Mixing (Secara Umum)

5. Mastering (Pemolesan)

kalo tadi bagian mixing kita di pusingkan dengan banyak track, disini kita hanya akan menangani 1 Track Stereo saja dimana disini kita bisa melakukan equaliasai kembali, mengkompress , limiting, menaikkan gain (no clip) , menghilangkan noise, mengurangi kesalahan kesalahan dari hasil mixing, dan lain sebagainya. Untuk lebih Jelasnya akan di bahas pada Tutorial Mastering.

Ribet ya ? Memang ! Itulah mengapa para Musisi sering mengatakan "Plisss Jangan Beli Bajakan !" , "Plisss Jangan Download Sembarangan !", "Pliss Hargai Karya Kami !", "Plissss.. Plisss Plisssss..... !".



Kategori Serupa :

1 comment:

  1. Kalo dijelasin lewat tulisan gini ga terlalu ribet, tapi kalo udh doing/act , ini yaampun ribetnya minta ampunn, terimakasih admin sudah berbagi

    ReplyDelete

Anda bisa berkomentar dengan anonymous user

Ed Sheeran - Thinking Out Loud (StereoNight Acoustic Cover)