Tentang Compressor ( Apa itu Compressor ? )

Apa itu compressor ? Bagaimana cara kerjanya ? Apa Fungsinya?
ini adalah pertanyaan umum bagi yang baru mengenal dunia audio engineer, dan untuk yang sudah tau silahkan menambahkan :)

Lanjut !, Mungkin teman - teman pernah mendengar hasil recording (Mis : Vokal ) terdengar tidak rata, Maksud tidak rata di sini adalah dinamic range yang terlalu besar.  Misalnya saat bernyanyi di awalan lagu yang biasanya bernada rendah maka sang vokalis hanya akan mengeluarkan sedikit power dan otomatis suara akan terdengar pelan, sedangkan ketika memasuki reff yang biasanya bernada tinggi maka suara akan membesar dan ini menyebabkan dinamic range menjadi besar / lebar.

Nah, disini sang Compressor menjadi salah satu solusi untuk mengurangi dinamic range yang lebar tersebut (ada juga yang melakukan volume automation untuk mengurangi dinamic range dan ada juga yang menggunaka keduanya secara bersamaan)

Lanjut, ( ini adalah salah satu plugin compressor freware 'Modern Compressor')
Dari gambar di atas  kita bisa melihat ada beberapa bagian yang harusnya ada di tiap compressor,,
(di sini saya hanya akan membahas Attack, Ratio, Release, Treshold, Gain Reduction, dan Gain karena 6 Bagian itu adalah hal utama dari compressor

- ATTACK :
Attack adalah Berapa cepat waktu yang dibutuhkan untuk mengaktifkan kompressor. Satuan yang digunakan normalnya adalah ms dan ada juga yang menggunakan  second. mislnya kita mengeset attack = 0ms artinya tidak ada attack karena sinyal yang diterima langsung dikompress. Kompressor dengan attack time 0ms membuat sound terasa tumpul karena tidak ada attack sama sekali. Kalo pengen attack lebih banyak maka perlambat attack time.

- RATIO 
Ratio adalah Perbandingan sinyal yang masuk dan keluar. Ratio dimulai dari 1:1 sampai tidak terbatas.
1:1 berarti setiap kali sinyal melewati threshold sebanyak 1dB maka outputnya juga 1dB. Kalo ratio 2:1 berarti setiap kal sinyal melewati threshold sebanyak 2dB maka outputnya cuma 1dB (karena 2:1 ratio). Semakin tinggi ratio perbandingan akan membuat fungsi kompressor berubah menjadi limiter. Saat ratio menyentuh angka 10:1 maka kompressor mulai berubah fungsi menjadi limiter. Makanya sering kita melihat plug ins atau outboard gear yang bertuliskan Compressor/Limiter. Jadi kalo kamu pengen menggunakan limiter tetapi tidak memiliki limiter maka boleh menggunakan kompressor sebagai limiter.

- RElEASE
Release adalah Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengkompress sebelum melepaskan efek kompressor untuk kemudian mengkompress kembali. Kalo release time terlalu singkat maka sinyal belum dikompress dengan baik, eh udah dilepas. Akhirnya ntar bunynya seperti pumping (dipompa). Kalo release time terlalu lambat, sinyal bakalan udah terkompress kembali padahal belum dilepas. Jadi kita harus hati2 dalam mengkombinasikan antara attack dan release time. Satuan yang digunakan adlah ms atau sec.


- TRESHOLD

Treshold adalah Level dimana kompressor mulai aktif. Level ini biasanya mulai dari 0dB sampai dengan unlimited. Kalo kita mengeset threshold pada posisi 0 artinya kompressor akan mulai bekerja saat sinyal menyentuh angka 0dB. Jadi kalo sinyal baru menyentuh dibawah angka 0 maka kompressor tidak akan bekerja. Level daripada threshold tergantung daripada selera Sound Engineer. Semakin rendah levelnya maka semakin cepat pula kompressor diaktifkan.


- GAIN REDUCTION (GR)
ini biasa juga dinamakan ATTENUATION. Gain reduction berfungsi untuk melihat berapa dB sinyal yang telah terkompress setiap kali sinyal menyentuh threshold. Semakin tinggi dBnya berarti semakin banyak sinyal yang terkompress dan audio akan terasa semakin tergencet.

- GAIN 
kadang kita sudah menaikkan fader hingga maksimum tetapi sound terasa masih kurang kencang. Kita dapat menggunakan output daripada kompressor untuk menaikkan level volume biar lebih kencang. 

Sampe di sini ada yang belum ngerti? (ko' jadi Kaya di sekolahan ya -_-" )


Lanjut, 
Lalu yang di setting terlebih dahulu apa? apakah Treshold, Gain, Attack, Ratio, atau apa ?
Tidak ada aturan baku dalam hal ini, saya tidak akan menulis kebiasaan menggunakan Compressor saya karena takut mempengaruhi anda. Silahkan pahami dan coba dan coba lagi dan cobalah mengerti (ini mirip judul lagu tapi saya lupa :lol:)


Lalu, bagaimana settingan Compressor yang baik?
Sama, Tidak ada aturan baku namun ini ada tips selama pengalaman saya ngulik Compressor

Tempo Cepat = Attack Cepat , Release Cepat.
Tempo Medium = Attack Medium , Release Medium.
Tempo Lambat = Attack Lambat , Release Lambat.

Tips di atas tidak berlaku di semua lagu, makannya tetap gunakan telinga anda.
ok, sampe sini dulu ( Mau nampar nyamuk dulu ) mudah-mudahan berguna.
Selamat mencoba teman :)

Kategori Serupa :

2 comments:

  1. mantab brad...mga ilmunya berkah n brtambah...trustrang ane bngung ni ma s compressor ni...y mntok2 pke prest...ap ge tiap genre beda2...newbe ni he he btw thx ilmunya

    ReplyDelete

Anda bisa berkomentar dengan anonymous user

Petra - Mine (Cover)