Teknik Mixing : Meng-Equalizer untuk balancing Frekwensi

Setiap instrument musik memiliki rentang frequency tertentu. Boosting atau Cutting menggunakan equalizer pada frequency tertentu akan menghasilkan sound yang  berbeda pada semua instrument. Seperti apa rentang/jangkauan frequency tiap instrument? Lanjut aja ;)

Menghilangkan Sound Kotor/Yang Tidak Dibutuhkan
  • Gunakan High Pass Filter/Low Cut untuk track audio yang bersuara gemuruh. Instrument yang biasanya tidak memerlukan suara dibawah 100hz sebaiknya di Low cut, instrument tersebut seperti: Snare, Hi-hat, gitar elektrik dan Vocal. Gunakan Low Pass Filter/High Cut untuk track audio yang memiliki suara noise pada high frequency. Contoh: Bass tidak memiliki suara diatas 8khz dan biasanya justru di atas frequency tersebut hanya suara noise. Suara hiss (desis) instrument lain yang tidak dibutuhkan juga sebaiknya di high cut, tapi jika masih terdengar nyaman di telenga jangan banyak melakukan high cut karena akan mengurangi bright lagu dan suara instrument menjadi tumpul.
  • Cutting pada frequency tertentu sesuai tempat sumber suara kotor tersebut. Biasanya instrument tertentu memiliki suara kotor yang berkarakter/yang tempatnya disitu-situ saja, contoh; sound sibilance pada vocal biasanya di 5000hz-8000hz. Jika masih sulit menghafal, gunakan frequency analyzer untuk mendeteksinya. Untuk mengcut frequency high sebaiknya bentuk bell pada equalizer (Q) jangan terlalu tajam dan menggunakan secara berlebihan karena akan membuat sound menjadi rusak.
Meningkatkan Kejelasan Karakter Sound Instrument
Teknik ini dilakukan dengan cara boosting (menaikkan) frequency masing-masing instrument. Tips:
  • Boosting kick pada 50hz dan bass pada 100hz. Jangan boosting pada frequency yang sama karena akan terjadi penumpukan, dengan membedakannya akan membuat phase menjadi saling melengkapi, dalam bahasa awam sering disebut “kick dan bass kawin”.
  • Boosting snare di 250hz. Akan membuat sound snare menjadi tebal
  • Boosting Hi-hat di 8000hz dan Cymbal di 5000hz. Jangan boosting 2 track ini di frequency yang sama, karena kejelasan karakter masing-masing akan bertabrakan. Dan sebaiknya hi-hat lebih high ketimbang Cymbal, karena hi-hat yang bagus soundnya berkilau dan cymbal yang baik tetap terdengar suara body dari cymbal tersebut.
  • Boosting gitar dan vocal di frequency yang berbeda dengan snare, karena ketiga instrument ini sering bertabrakan frequencynya.
Membuat Separasi Tiap Instrument
Ini adalah bagian terpenting dalam menggunakan equalizer. Caranya adalah dengan membuat tiap track instrument berada pada rentang frequencynya masing-masing. Jika beberapa instrument saling bertabrakan frequency dominannya maka dilakukan cut dan boosting sesuai kebutuhan. Lalu jika ada spasi frequency yang kosong dapat diisi dengan suara instrument (sesuai kreatifitas anda). Intinya adalah frequency dari low hingga hi high terisi penuh tapi masing-masing instrument mengisi rentang frequency dominannya sendiri-sendiri hingga saling melengkapi.
Frequency Tips

Tabel di bawah ini adalah tips agar anda lebih mudah memahami tentang teknik equalisasi dalam memixing lagu. Tips berikut bukan standar, tapi menurut telinga dan pengalaman saya yang berdasarkan buku Art Of Mixing by David Gibson:
Freq uency 40- 100hz 100- 200hz 200- 800hz 800- 1000hz 1 khz- 5khz 5 khz- 8khz 8 khz- 12khz
Kick low bulat kotor

high desis
Hi hat cut cut
kotor
jelas/ garing kilau
Snare cut power kotor

presence
Toms
full kotor
presence high
Floor low full kotor
presence

Over Head cut cut
kotor
jelas/ garing kilau
Bass low bulat kotor body presence high desis
Elektrik gitar cut low/ crunch Kotor/ bulat
menyayat garing desis
Akustik gitar cut Body/ full kotor

kejelasan kilau
Conga boom full


kejelasan
Strings dasar full kotor
digital kejelasan kilau
Piano dasar full kotor
kotor/ presence kejelasan harmonic
Organ dasar full kotor

garing
Vocal gemuruh power kotor
presence kejelasan/ sibilance kilau/ desis

Untuk mulai melakukan cutting atau boosting menggunakan equalizer, dengarkanlah dahulu track yang hendak di equalisasi, setelah benar-benar tau apa yang ingin dilakukan lalu mulailah mengequalisasi. Artinya, gunakan equalizer sesuai tujuan, jangan digunakan untuk memanipulasi suara, karena salah dalam mengcut atau boosting kadang membuat sound bagus justru menjadi tidak enak didengar. Maka tetap percayalah pada apa yang anda dengar.


Kategori Serupa :

11 comments:

  1. kalo melihat parameter di EQ, kan rangenya panjang. saat boost bass di frequensi 100hz misalnya, apakah di frequensi yang lain dibiarkan pada posisi default atau disesuaikan juga??thanks

    ReplyDelete
  2. bisa di biarkan bisa di sesuaikan, selera aja, hati2 tabrakan frekuensi.

    ReplyDelete
  3. pertanyaan dari pemula, apakah saat menset hi hat di 8khz garing dan jika hi hat di set 5khz jelas? atau sebaliknya? jaga-jaga bila saya keliru. pendengaran saya belum memiliki orientasi sebagai patokan mendengarkan jenis suara saat di mix.

    ReplyDelete
  4. tidak ada aturan baku , makanya liat dulu nih video dari agus hardiman www.youtube.com/watch?v=OM3IX-KaCdw smoga bermanfaat gan :D

    ReplyDelete
  5. itu video filosofi mixing gan monggo di cek

    ReplyDelete
  6. Selamat datang di SOUND GENERATION “X”

    Hey! Saya punya tantangan untuk kamu kamu ...
    Karya dengan view terbanyak sampai akhir APRIL minimal view 5000 dan like 500 akan dibuatkan RBT di 4 provider XL, Indosat, Telkomsel dan TRI gratis. Berkesempatan mendapatkan penghasilan dari karyanya.

    disini adalah tempat untuk karyamu, imajinasimu, expresimu dalam bermusik.

    Buktikan kepada dunia bahwa music kamu berkualitas dan patut menyandang factor “x”

    Kamu bisa upload lagu ciptaan kamu sendiri ,berdiskusi seputar music, dan kamu bisa bertransaksi jual beli alat music disini. Kami berharap websaid ini menjadi sebuah tempat berbagi ilmu, saling memperkenalkan karya, dan menjadi wadah bagi para musisi di tanah air ini.

    Sebelum kamu upload karya kamu disini perhatikan peraturan ini :

    Setiap karya yang kamu upload disini harus ciptaan sendiri.
    Dalam forum ini dilarang saling menghujat sesama musisi
    Pastikan anda mencantumkan data diri disetiap karya yang anda upload
    Hanya diperbolehkan membuat iklan seputar music
    Bagi yang melanggar akan kami blokir dari situs ini
    Cara Upload Musik/Lagu di SOUND GENERATION “X”

    Click ” SOUND ” di samping home, pilih ” Connect ” login dengan facebook atau login register

    General = upload image : untuk cover musik, upload track : masukan format sound, title dan tags harus di isi
    Metadata = buy link, record label optional, license di sesuaikan ALR atau CC
    Permissions = Visibility public atau private, Allow downloads ON : user lain bisa download musik anda.

    http://sgxmusik.com

    ReplyDelete
  7. Bagi yang sedang mencari Arranger untuk mengaransemen lagu anda? Atau anda sedang mencari Pencipta lagu / Songwriter yang bisa membuatkan anda Lagu, Jingle / Spot Iklan, lagu minus one untuk smule ataupun Soundtrack? Anda nggak usah bingung lagi, Intinya kami siap melayani pembuatan musik untuk beragam keperluan dengan harga yang sangat terjangkau …!!!

    Jadi, tunggu apalagi? segera hubungi kami di 085755322149 atau anda bisa mengunjungi website kami di:
    Online Music Arranger
    Jasa Aransemen Musik, Pembuatan Lagu, Jingle / Spot Iklan, Soundtrack dan pembuatan musik minus one secara ONLINE.

    ReplyDelete
  8. Ulah seueur teuing info na. . . mamang jadi lieur yeuh , , ,

    ReplyDelete
  9. Saya mixing lagu saya dengan banyak track, nah supaya tidak bertabrakan gimana, soal nya saya mengkolaborasikan musik rock dan etnik yang meliputi gamelan, gong, angklung.
    Minta penjelasan nya?

    ReplyDelete
  10. https://m.youtube.com/watch?v=DEySxl2rQ70

    ReplyDelete
  11. Wuah lebih seru jika bergambar nih

    ReplyDelete

Anda bisa berkomentar dengan anonymous user

Ed Sheeran - Thinking Out Loud (StereoNight Acoustic Cover)