Perbedaan Mixing & Mastering

Banyak yang salah kaprah tentang kedua hal ini, mixing dan mastering adalah 2 hal yang jauh berbeda meskipun lagu/Musik yang di kerjakan sama. ok penjelasan !

A. Mixing
Sesuai dengan namanya, mix = campur , mixing = mencampur. Yang di campur di sini adalah track - track audio yang ingin di gabung, Mis : Track Gitar, Track Vokal, Track Bass, Dan Track Drum( Biasanya track drum di pecah lagi menjadi track snare,kick,tomb,hihat, dan overhead dll)

Apasaja yang dilakukan saat Mixing ?
- Hal paling utama dari proses mixing adalah Balancing atau menyeimbangkan volume antar track sehingga semua track terdengar sesuai dengan yang di inginkan. bayangkan jika anda mendengar musik yang suara kick drum menutupi track audio lainnya pasti anda langsung menghapus musik tersebut dari kompi anda.

- Equalizing (eq-ing), jika anda mendengar misalnya suara vokal yang bergemuruh maka disini tugas sang EQ . EQ berfungsi untuk meng-Cut dan mem-Bost frekwensi yang kita inginkan. Proses Equalisasi dapat membentuk karakter suatu Audio menjadi yang kita inginkan.

-Compressing , compressing adalah proses perataan suatu audio yang memiliki dinamic range yang tinggi, Mis : Vokal pada saat bernyanyi di nada rendah maka otomatis suaranya juga akan menjadi pelan, dan ketika dia bernyanyi dengan nada tinggi otomatis Powernya semakin kencang sehingga dinamic range audio vokal ini menjadi naik turun. nah ini bisa di atasi dengan proses ini

Pemberian effect, proses ini jika di andaikan pada lomba menggambar anak TK adalah proses pewarnaan, Contohnyamisalnya vokal yang terasa kering di beri effect Reverb, Chorus ,Delay dll sesuai selera.
(Dan lain-lainnya nanti akan di bahas )
nah, misalnya sudah selesai maka track audio yang banyak tadi kita mixdown menjadi 1 track audio Stereo untuk di Mastering :)

ok untuk Mixing  sampe disini dulu, untuk lebih mendalam akan di bahas pada tahap selanjutnya.

B. Mastering
Seusai dengan namanya , Master = induk/keseluruhan, disini hanya mengerjakan 1 Track saja dari hasil  mixing yang di mixdown tadi.

Yang di kerjakan di Mastering?
Mastering itu hanya memoles, mengurangi noise secara keseluruhan , menstandarkan volume, compresi, eq-ing dan lain lain nanti akan di bahas.

Sampe sini dulu, nyari duit dulu (narik becak)
oh iya, kalo ada yang mo di koreksi monggo, ato masih bingung? silahkan komentar :)
salam,



Kategori Serupa :

6 comments:

  1. askum.. boss..!!maaf bos mau nanya nih klo boleh hee..efek apa aja ya yg pas buat edit vocal di cubase5.maksih

    ReplyDelete
  2. Untuk membikin sebuah album, saya mahu tahu berapakah bayaran untuk:
    1) proses mixing
    2) proses mastering

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ni kak, datang kunjungi aja ci, di http://comingsoonindie.blogspot.co.id/2012/08/merekam-lagu-sendiri-dengan-laptop.html?m=1
      Hasilnya high quality

      Delete
  3. Untuk membikin sebuah album, saya mahu tahu berapakah bayaran untuk:
    1) proses mixing
    2) proses mastering

    ReplyDelete

Anda bisa berkomentar dengan anonymous user

Ed Sheeran - Thinking Out Loud (StereoNight Acoustic Cover)